Aplikasi Pengatur Keuangan Pribadi Gratis, Cocok Untuk Anak Kos

Punya masalah dalam mengatur keuangan atau budgeting per bulan? Sekarang tidak perlu ribet lagi karena sudah ada Aplikasi Pengatur Keuangan Pribadi Gratis yang bisa kamu gunakan untuk membantumu. Ulasan lebih lengkap mengenai Aplikasi Pengatur Keuangan Bulanan Terbaik simak di IniBaruRumah.

Beberapa orang sering kali mengalami kesulitan untuk mengatur keuangan mereka dan merasa terlalu boros dalam menggunakan uang. Niatnya mau menabung, tetapi begitu gajian uang sudah tidak tahu habis kemana. Sudah berbagai cara dilakukan, seperti budgeting di dompet dengan menamai segala kebutuhannya, tetapi tak kunjung berhasil.

Berarti yang kamu butuhkan adalah Aplikasi Pengatur Keuangan Bulanan sehingga masyarakat bisa lebih praktis dalam mengatur anggaran pribadi yang mereka punya. Masih asing dengan Aplikasi Pengatur Keuangan? IniBaruRumah telah menyiapkan penjelasan tentang masing-masing platform pengatur keuangan terbaik untuk para pembaca.

Aplikasi Pengatur Keuangan Bulanan Terbaik Gratis Untuk Semua Kalangan

aplikasi-pengatur-keuangan-bulanan-terbaik-untuk-semua-kalangan

Salah satu hal yang pasti dibutuhkan oleh semua orang di muka bumi ini adalah uang. Memang ada kata pepatah bahwa uang bukanlah kunci kebahagiaan. Tetapi nyatanya dengan ada uang kita bisa bahagian karena dapat memenuhi apa yang diinginkan.

Jumlah yang dimiliki tidak harus banyak asalkan cukup untuk memenuhi kebutuhan dan juga keinginan. Masalah yang sering dihadapi oleh orang-orang terkait dengan keuangan mereka adalah sulitnya mengatur jumlah uang agar cukup untuk memenuhi kebutuhan.

Namun, coba kamu telisik lagi apakah selama ini barang ataupun hal yang dibeli benar merupakan kebutuhan atau malah hanya sekedar keinginan? Permasalahan manusia adalah keinginan yang dimiliki banyak, tetapi sumber daya untuk memenuhinya itu terbatas.

Itulah yang membuat kebanyakan orang bermasalah dengan keuangan sehingga mereka tidak bisa menabung untuk masa depan. Solusi yang bisa dilakukan segera adalah melakukan budgeting terkait dengan pengeluaranmu.

Budgeting tidak hanya dibutuhkan oleh perusahaan ataupun pemilik bisnis. Melainkan orang pribadi yang ingin memiliki kehidupan lebih baik ke depannya butuh yang namanya penganggaran. Tujuannya adalah agar kamu tahu mana prioritas kebutuhan dan mana keinginan sampingan.

Jadi, ketika mendapatkan uang kamu sudah tahu harus mengalokasikannya kemana saja. Budgeting juga membantumu memprediksi pengeluaran yang akan terjadi selama beberapa waktu ke depan, contohnya 1 bulan.

Kegiatan penganggaran ini bisa dilakukan secara manual ataupun melakukan Aplikasi Pengatur Keuangan. Kami sarankan untuk gunakan Aplikasi Pengatur Keuangan Bulanan saja agar lebih rapi dan mudah di-track pemasukan serta pengeluaran dalam bulan tersebut.

Ada begitu banyak rekomendasi Aplikasi Pengatur Keuangan Harian maupun bulanan yang bisa kamu coba. Carilah platform yang nyaman untuk dipakai dan fiturnya mudah dimengerti agar kamu bisa enjoy menjalakannya.

Catatan Keuangan Apk

catatan-keuangan

Kamu sering tidak sih merasa bulan ini terlalu boros, tetapi tidak tahu uang yang dikeluarkan itu untuk apa saja? Pastinya banyak orang yang merasakan masalah serupa, baik itu laki-laki maupun perempuan. Walaupun kamu punya kebiasaan mengumpulkan bukti belanja pun tetap tidak bisa menuntaskan rasa penasaranmu sebenarnya uang ini pergi kemana saja.

Atau kamu sudah punya planner budgeting tersendiri, tetapi tidak kunjung terealisasi karena malas mencatat secara manual. Masalah ini bisa diatasi dengan mudah bila menggunakan aplikasi khusus, yaitu Catatan Keuangan.

Catatan Keuangan merupakan aplikasi yang bisa membantumu mencatat pemasukan serta pengeluaran dengan mudah harian maupun bulanan. Aplikasi Catatan Keuangan juga akan memberikan informasi dimanakah kamu paling banyak spend uang dalam bulan tersebut.

Aplikasi ini juga punya tampilan userfriendly sehingga bagi mereka yang baru mau ingin mengatur keuangannya secara sistematis bisa nyaman ketika menggunakan aplikasinya. Catatan Keuangan Apk juga termasuk aplikasi yang bisa dijalankan secara offline tanpa data internet.

Langkah pertama menggunakan aplikasi ini adalah kamu harus memasukkan berapa nominal uang yang ingin dikelola. Setelah itu, kamu bisa memasukkan kategori pengeluaran yang mungkin akan terjadi. Misalnya, makanan, skincare, pendidikan, dan lain-lain.

Saat ada pengeluarkan, maka kamu bisa langsung mencatat uang tersebut digunakan untuk apa. Lakukan hal tersebut selama 1 bulan bila ingin melihat result pengaturan keuanganmu. Juga, bila ada hutang piutang dengan teman-teman bisa langsung dicatat dalam aplikasi Catatan Keuangan.

Nama Catatan Keuangan
Ukuran26 MB
OS WajibAndroid 5.0 atau lebih
Tersedia DiGoogle Play

Pengelola Keuangan Apk

Adakah di antara pembaca yang merasa sangat boros dalam mengelola keuangan, seperti gaji bulanan ataupun uang jajan? Sebenarnya hal ini lumrah saja terjadi dan hampir di alami oleh semua orang terutama anak muda.

Hal tersebut bisa jadi disebabkan karena kita tidak dapat menahan hasrat untuk membeli sesuatu padahal bisa dibeli nanti. Untuk itulah, kamu butuh metode atau cara khusus dalam mengelola keuangan agar keluar masuknya uang bisa lebih mudah ditelusuri.

Mengingat sekarang zaman sudah serba digital, maka gunakanlah bantuan dari Aplikasi Pengatur Keuangan. Aplikasi yang kali ini akan kita bahas adalah Pengelola Keuangan. Ini merupakan salah satu aplikasi Android khusus yang menyediakan jasa budgeting hingga mencatat semua pengeluaran yang kamu lakukan selama satu bulan.

Pengelola Keuangan sangat cocok bagi mereka yang masih kesulitan dalam mengatur uangnya agar lebih efisien dan juga tidak boros. Bila kamu saat ini sedang menjalankan sebuah small business, maka aplikasi ini juga bisa membantmu untuk menghasilkan laporan keuangan yang cukup simpel.

Di dalamnya sudah terdapat sistem pembukuan double-entry dimana seluruh transaksi akan dicatat dalam debit dan juga kredit. Tetapi bagi pengguna yang ingin memakainya sebagai pengatur keuangan pribadi harian juga bisa memanfaatkan fitur anggaran serta pengeluaran.

Kamu dapat melihat situasi keuanganmu dalam bentuk grafik sehingga bisa dilihat dengan jelas manakah pos pengeluaran yang paling besar.

Nama Pengelola Keuangan
Ukuran25 MB
OS WajibAndroid 5.0 atau lebih
Tersedia DiGoogle Play

Aplikasi Pengatur Keuangan Money+

money+-aplikasi-pengatur-keuangan

Buat para perempuan yang sulit sekali menahan hasrat untuk beli barang-barang lucu yang sebenarnya tidak terlalu berguna. Dan setelah itu merasa menyesal setelah membelinya, sepertinya wajib mempunyai aplikasi Money+ Pengatur Keuangan.

Money+ ini siap menjadi buku saku bawaan yang pasti akan selalu kamu bawa kemana-mana karena ia ada di dalam ponse. Tampilan dari Money+ juga unik serta lucu sehingga para pengguna akan merasa senang dalam memakainya.

Pengguna dapat mencatat pemasukan dan pengeluaran mereka dalam satu bulan di setiap buku. Jadi, kamu tidak perlu mencampur hasil yang di bulan 1 dengan bulan yang lainnya. Perlu diingat juga bahwa Aplikasi Pengatur Keuangan ini tidak mungkin berjalan sendiri bila tidak dioperasikan.

Itu tandanya kamu memang harus rajin mencatat semua hal yang berhubungan dengan uang di dalam aplikasi Money+ ini. Supaya tidak terasa besar, maka langsung saja input data transaksi begitu kamu mengeluarkan uang.

Mengelola keuangan dengan baik ini bisa memberikan dampak positif juga bagi kehidupanmu ke depannya.

Nama Money+
Ukuran25 MB
OS WajibAndroid 5.0 atau lebih
Tersedia DiGoogle Play

Buku Kas Pengeluaran Harian

Sebuah aplikasi di Andoid yang bisa dipakai oleh para pemilik bisnis pemula agar dapat mengatur transaksi uang tunai yang diterimanya adalah Buku Kas- Pengeluaran Harian. Aplikasi yang satu ini merupakan alat tepat untuk mengatur keuangan harianmu agar lebih rapi dan juga tertata.

Bukan hanya bisa digunakan oleh para owner bisnis saja, melainkan Buku Kas juga bermanfaat bagi orang pribadi yang ingin membuat manajemen kasnya sendiri. Mengenai interface dari aplikasi ini juga tidak perlu dipermasalahkan karena tampilannya mudah dimengerti.

Di dalamnya terdapat dua menu utama yang menunjukkan apakah uang tersebut kamu terima atau kamu keluarkan. Bila mengeluarkan uang, maka masukkan transaksi dalam fitur Kamu Membayar. Sebaliknya, bila ada uang masuk ke dalam rekeningmu, maka segera catat dalam fitur Kamu Menerima.

Segala penerimaan dan pengeluaran yang dicatat juga bisa menjadi bahan evaluasi bagimu untuk bulan berikutnya. Kamu juga bisa mengetahui sekiranya manakah aktivitas yang memang memerlukan lebih banyak pengeluaran.

Dan mana aktivitas yang sebenarnya pengeluarannya bisa diminimalkan. Semua itu akan terasa lebih mudah bila menggunakan aplikasi Buka Kas – Pengeluaran Harian. Di akhir bulan nanti, jika ingin melihat rekapan transaksi yang telah dilakukan, kamu bisa mengekspor hasilnya dalam bentuk excel maupun PDF agar lebih mudah dilihat.

Nama Buku Kas – Pengeluaran Harian
Ukuran12 MB
OS WajibAndroid 5.0 atau lebih
Tersedia DiGoogle Play

Monefy

Kamu berencana ini melakukan budgeting dari gaji yang diterima dalam satu bulan dan bisa ditelusuri juga hasilnya? Sebaiknya gunakan aplikasi pengatur keuangan harian agar pencatatan transaksi lebih mudah dilakukan serta efisien juga.

Moneyfy merupakan aplikasi money manager yang berfungsi untuk melacak kemana saja uangmu disalurkan dalam satu bulan. Di dalamnya sudah terdapat sub kategori pengeluaran yang pastinya terjadi dalam kehidupan sehari-hari setiap orang.

Di awal kamu bisa merencanakan dulu berapa anggaran yang akan dikeluarkan untuk setiap kebutuhan. Nah, nanti selama bulan berjalan mungkin saja ada kejadian di luar ekspetasimu sehingga harus mengeluarkan uang yang tidak direncanakan.

Hal semacam ini sangat penting untuk dicatat agar kita tidak terbiasa mengeluarkan uang di luar dari yang sudah dianggarkan. Setiap hari kamu selalu membawa ponsel kemana pun dan karena itulah penggunaan aplikasi pengatur keuangan akan menjadi lebih efektif.

Pengguna bisa mengkustom kategori pengeluaran yang ada di dalam aplikasi Moneyfy agar lebih sesuai dengan keadaan. Misalnya, ada kategori yang ingin dihilangkan juga sudah ada fitur hapus disana.

Jadi, penggunaan platform pengelola keuangan ini sebenarnya lebih fleksibel dan bisa mengikuti maunya si pengguna.

Nama Moneyfy – Money Manager
Ukuran10 MB
OS WajibAndroid 5.0 atau lebih
Tersedia DiGoogle Play

Budget Planner

budget-planner

Siapa disini yang sering merasa kok gaji bulan ini cepat sekali habisnya padahal waktu gajian bulan depan masih lama? Mungkin hal itu disebabkan karena kamu tidak memiliki rencana anggaran yang matang sehingga akhirnya uang yang dimiliki keluar tanpa ada pencatatan pasti.

Kalau kita tahu seberapa banyak uang yang dikeluarkan dan apakah itu sebanding dengan pemasukan, maka lama-lama akan intropeksi diri juga supaya tidak boros. Langkah awal yang bisa kamu coba untuk mengelola keuangan lebih baik adalah dengan menggunakan aplikasi Budget Planner.

Bagaimana kondisi keuanganmu ke depannya itu semua bergantung bagaimana kamu mengatur uang yang masuk pada hari ini. Itulah mengapa perencanaan anggaran sangatlah penting dibuat oleh kita sendiri.

Siapa tahu saja dengan menggunakan aplikasi pengatur keuangan Budget Planner, kamu bisa punya tabungan dari gajimu sendiri. Apakah aplikasi ini hanya bisa digunakan oleh mereka yang sudah bekerja saja?

Bagi para siswa maupun mahasiswa yang belum menghasilkan uang sendiri tetap bisa merencanakan keuangan mereka dari uang bulanan yang diberikan orang tua. Tujuannya adalah kamu bisa memanfaatkan sebaik mungkin uang yang diterima dalam satu bulan sampai ke bulan berikutnya lagi.

Aplikasi ini akan membantumu melacak uang-uang yang dikeluarkan itu apakah sudah sesuai dengan rencana anggaran yang dibuat atau belum.

Nama Budget Planner – Expenses Tracker
Ukuran26 MB
OS WajibAndroid 5.0 atau lebih
Tersedia DiGoogle Play

BlueCoins – Finance & Bugdet

bluecoins-aplikasi-pengatur-keuangan

Sedang mencari aplikasi budgeting profesional yang mempunyai beragam fitur canggih dan interface menarik? Mungkin kamu bisa gunakan aplikasi BlueCoins di dalam perangkat masing-masing.

Keunggulan dari aplikasi BlueCoins adalah terletak pada dashboard utama yang benar-benar terlihat seperti profesional. Dalam halaman utama, informasi terkait keuanganmu tersedia dalam bentuk grafik yang akan terus naik atau turun setiap kali ada transaksi.

Pengguna juga bisa langsung melihat berapa rata-rata pengeluaran dalam 7 hari ataupun 30 hari. Dan tentu saja fitur tersebut bekerja secara otomatis setelah kamu melakukan setting awal, yaitu memasukkan jumlah uang masuk dan mencatat segala pengeluaran.

Seluruh catatan transaksi yang kamu lakukan dalam satu bulan pun bisa di print-out sehingga itu dapat menjadi bahan evaluasi dan rencana anggaran bulan berikutnya.

Nama BlueCoins – Finance & Budget
Ukuran19 MB
OS WajibAndroid 5.0 atau lebih
Tersedia DiGoogle Play

DompetKu

dompetku

Belakangan ini sedang ramai para kaum milenial dan juga generasi Z menggunakan alat pengatur keuangan untuk mencatat seluruh keluar masuknya uang mereka. Biasanya orang-orang yang membuat rencana anggaran itu cenderung lebih hemat dan juga tertata finansialnya.

DompetKu adalah aplikasi pengelola keuangan yang memiliki fungsi khusus untuk mencari tahu apakah selama ini kamu bisa mengelola uang dengan baik atau tidak. Disana pengguna dapat melihat sebenarnya rencana keuangan yang dibuat sehat atau tidak.

Atau masih adakah uang yang dikeluarkan tanpa ada rencana hanya karena memuaskan keinginan saja. Semua hal tersebut sebenarnya perlu dicatat agar kita tidak terlena lagi dalam mengeluarkan uang tanpa ada alasan khusus.

Disana juga terdapat fitur rekening dimana kamu bisa memasukkan seluruh rekening yang sering kamu gunakan untuk melakukan transaksi keuangan. Mengingat sekarang ini proses pembayaran mudah sekali untuk dilakukan membuat beberapa orang suka khilaf dan dengan mudan transfer tanpa sadar.

Output dari aplikasi ini adalah laporan keuangan yang mudah dimengerti oleh setiap penggunanya.

Nama Catatan Keuangan
Ukuran26 MB
OS WajibAndroid 5.0 atau lebih
Tersedia DiGoogle Play

Supaya penggunaan aplikasi ini berjalan dengan efisien, maka kamu tidak boleh malas dalam melakukan pencatatan keuangan karena sudah ada platform yang membantu.

Cara ini merupakan metode yang cukup efektif untuk dijalankah selagi kamu konsisten dalam mengerjakannnya. Lihatlah hasilnya dalam 3 bulan apakah ada peningkatan di setiap bulannya atau tidak.

Demikian informasi mengenai Aplikasi Pengatur Keuangan yang bisa IniBaruRumah jelaskan kepada para pembaca.

Baca Juga :