Emulator Android Ringan Untuk PC RAM 1GB Terbaik 2023

Kamu sedang mencari emulator android ringan untuk menguji aplikasi android yang ingin digunakan pada perangkat smartphone? Jangan kemana-mana karena IniBaruRumah akan mengulas Emulator Android Ringan Untuk PC Kentang terbaik yang bisa kamu coba secara gratis.

Perangkat lunak yang satu ini cukup banyak dibutuhkan oleh para pengguna akan dapat melakukan sinkronisasi sistem yang ada di laptop atau PC terhadap sistem Android. Mungkin kamu masih mencari emulator android yang memiliki ukuran ringan supaya tidak memberatkan perangkat.

Supaya tidak bingung harus pilih emulator yang mana? Simak review lengkap mengenai Emulator Android Paling Ringan Terbaik 2023 di bawah ini.

Kegunaan Emulator Untuk Perangkat Android

kegunaan-emulator-untuk-perangkat-android

Para gamers biasanya sudah tidak asing lagi dengan istilah perangkat lunak yang satu ini, yaitu emulator. Namun, mungkin saja ada di antara pembaca ada yang belum tahu pasti apa sih emulator itu dan bagaimana fungsinya? Sebelum kita masuk ke pembahasan lebih lanjut mengenai rekomendasi emulator android ringan 1GB berikut.

Lebih dulu kami akan memberikan review singkat mengenai emulator, cara kerja, dan juga fungsinya bagi perangkat. Seperti yang kita tahu penggunaan perangkat berbasis teknologi di era modern kini merupakan suatu kebutuhan esensial.

Dalam kehidupan sehari-hari, HP dan laptop merupakan dua perangkat keras paling penting yang harus dimiliki oleh seseorang. Hampir semua pekerjaan sekarang membutuhkan kedua alat tersebut sebagai media komunikasi dan untuk menyelesaikan pekerjaan lebih cepat.

Ada banyak tipe HP, laptop, hingga PC yang dapat dipilih oleh pengguna sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi fungsinya masing-masing. Perangkat laptop dan HP juga memiliki fungsi yang berbeda, sama-sama bermanfaat untuk pengguna.

Terdapat beberapa aplikasi ataupun games yang tidak dapat dijalankan di perangkat laptop karena hanya tersedia untuk Android. Namun, kalau memang pengguna ingin memainkan sebuah game Android di luar perangkat dengan sistem yang sama.

Maka cara untuk mengakalinya adalah menggunakan sebuah perangkat lunak bernama emulator. Fungsi utama dari emulator adalah untuk menyamakan sistem lain di dalam sebuah perangkat. Dengan menggunakan Android emulator, maka alat tersebut akan menyamakan fungsi-fungsi dari perangkat yang ditiru.

Emulator ini sering digunakan oleh para gamers agar mereka tetap bisa menjalankan aplikasi Android meskipun tidak menggunakan perangkat tersebut. Terdapat dua fungsi utama dari emulator android yang perlu kamu ketahui.

Jadi, sebelum menggunakan alat emulator pastikan kamu benar-benar tahu tentang fungsinya agar tidak asal mendownload saja.

Untuk Menggunakan Aplikasi Android

Sesuai dengan pembahasan di atas, bahwa cara kerja dari emulator adalah menyamakan fungsi dari sistem perangkat lain untuk dijalankan pada perangkat yang kamu gunakan. Kebanyakan emulator Android ini dipakai oleh pengguna di laptop atau PC mereka.

Tujuannya adalah agar mereka dapat mengunduh serta memainkan game yang tadinya hanya khusus di Android saja. Ada beberapa aplikasi yang memang tersedia khusus untuk sistem Android saja dan tidak dapat diunduh di tempat lain.

Akan tetapi, kamu tetap bisa menjalankan aplikasi tersebut setelah memasangkan emulator Android di dalam PC maupun laptop. Jenis dari emulator android ini sangatlah banyak, mulai dari yang ukuran ringan hingga berat.

Kami sarankan kepada para pembaca untuk mendownload emulator android ringan 1GB sampai 2GB saja apalagi kalau baru pertama kali mencoba alat tersebut. Meskipun fungsinya terdengar luar biasa, tetap saja ada kekurangan dari penggunaan alat emulator ini.

Perangkat yang ingin dipasangkan alat emulator benar-benar harus mempunyai spesifikasi mumpuni. Kalau tidak, penggunaan emulator malah akan memperlambang kinerja dari perangkatmu. Belum lagi pemasangan android emulator ini tidak semudah yang dibayangkan.

Tetapi kalau memang kamu sudah mengerti dan juga menguasai tata cara penggunaan alat tersebut. Silahkan saja gunakan alat emulator sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Meningkatkan Kinerja Aplikasi

Bagi kamu yang memiliki kemampuan untuk membuat suatu aplikasi dan ingin memasangnya langsung di Google Play Store. Alat emulator ini perlu digunakan agar bisa mengecek seberapa tinggi kinerja dari aplikasi yang telah dibuat.

Tujuannya adalah aplikasi yang kamu pasangkan ke Google Play Store ini berjalan dengan baik saat diunduh oleh orang lain. Setidaknya kamu bisa melihat apakah masih ada kekurangan-kekurangan di aplikasimu yang mungkin di komentari oleh calon pengguna.

Penggunaan alat emulator ini akan memberikan informasi kepada pembuat app mengenai kelancaran kinerja dari aplikasi yang ia buat pada perangkat Android. Jadi, kamu masih bisa melakukan revisi terlebih dahulu sebelum benar-benar yakin meluncurkan apk buatanmu ke Google Play Store.

Emulator android ini memiliki fungsi khusus sehingga tidak sembarang orang mengunduhnya tanpa tahu apa kebutuhan menggunakan alat emulator.

Jika pembaca artikel IniBaruRumah sedang mencari emulator android ringan untuk pemula. Pahami pembahasan di bawah ini dan tentukan manakah alat emulator yang ingin kamu gunakan.

Dapatkan Emulator Android Ringan RAM 1GB Terbaik, HP Kentang Bisa Download

dapatkan-emulator-android-ringan-ram-1gb-terbaik

Ada begitu banyak jenis emulator yang tersedia di internet, mulai dari yang gratis hingga berbayar. Fitur-fitur dan juga fungsionalitas yang ada di dalamnya pun akan menyesuaikan kualitas dari emulator yang digunakan.

Disini pengguna harus tahu dulu apa kebutuhan mereka sehingga dapat menentukan jenis emulator seperti apa yang akan digunakan. Jika salah memilih emulator, maka itu akan berakibat fatal pada perangkat yang kamu gunakan.

Jika kamu hanya ingin memanfaatkan emulator android untuk bermain game di PC, maka sepertinya jenis yang tepat adalah emulator android ringan. Selain ukuran dari alatnya yang masih affordable untuk di download di perangkatmu.

Fitur-fitur yang ada pada emulator tersebut setidaknya bisa dimengerti oleh mereka yang baru pertama kali menggunakan alat tersebut. Oleh karena itu, disini kami akan menjelaskan secara rinci kepada para pembaca mengenai emulator android ringan terbaik gratis yang bisa kamu coba.

Diharapkan setelah membaca penjelasan yang satu ini kamu tidak lagi bingung memilih jenis emulator mana yang akan digunakan.

Memu Play

Jika kamu bingung harus menggunakan aplikasi emulator android yang mana, alternatif alat yang dapat dicoba adalah Memu Play. Memu digadang-gadang sebagai emulator android ringan terbaik dengan fungsi yang tidak perlu diragukan lagi.

Alat tersebut cocok untuk digunakan oleh para pekerja maupun gamers di perangkat mereka yang dapat disesuaikan juga dengan kebutuhan. Akan tetapi, alat ini akan bekerja dengan baik jika kamu menggunakan perangkat laptop 64 bit. Artinya, untuk spesifikasi di bawah itu belum bisa menjalankan emultor Memu.

Namun, kelebihan dari aplikasi emulator adalah permintaan untuk requirement OSnya masih di windows 7 atau lebih. Jadi, kalau memang ada pembaca disini yang perangkat laptopnya masih menggunakan windows 7 dan prosesornya 64 bit.

Kamu tetap bisa menggunakan Memu sebagai emulator android ringan untuk bermain game atau menggunakan aplikasi lainnya. Memu ini masuk ke dalam kategori emulator android RAM 2GB dan spesifikasi ini masih terbilang ringan untuk dicoba oleh para pemula.

Jika kamu ingin mendownload Memu ataupun emulator lainnya maka tidak bisa menggunakan Google Play Store. Buka mesin pencarian dan masukkan kata kunci download emulator Memu ataupun jenis yang lain. Nah, nanti disana akan ada link download yang dapat digunakan untuk menyimpan file tersebut.

Pastikan kamu tahu bagaimana cara menginstall dan juga menjalankan fungsi dari emulator supaya tidak terjadi kesalahan pada perangkatmu.

Nama Memu Play
Ukuran117 MB
RequirementWindows 7
HargaGratis

Blue Stacks

Ketika kamu mencari rekomendasi emulator android di internet, maka pencarian yang paling banyak disarankan adalah Blue Stacks. Bisa dibilang emulator yang satu ini memang cukup populer di kalangan pengguna karena termasuk ringan untuk dicoba.

Blue Stacks ini sudah ramai digunakan oleh para pengguna khususnya yang masih pemula agar bisa menjalankan sistem Android di di perangkat lain. Sama seperti alat emulator yang lain, minimus OS perangkat untuk menggunakan Blue Stacks adalah Windows 7.

Rata-rata alat emulator yang masuk kategori teringan itu permintaan OSnya tidak terlalu tinggi. Sehingga sepertinya hampir semua perangkat dapat memanfaatkan alat itu. Namun, memang disarankan untuk meng-upgrade OS kamu ke yang lebih tinggi lagi untuk mendapatkan pengalaman lebih baik.

Blue Stacks membutuhkan minimal CPU yang lebih tinggi dari AMD dual core agar tidak lemah saat dijalankan di perangkat. Dan di antara semua rekomendasi emulator yang kita bahas pada artikel hari ini, Blue Stacks adalah alat dengan minimum RAM tertinggi, yaitu 4GB.

Jadi, memang penggunaan aplikasi Blue Stacks ini membutuhkan requirement perangkat yang lebih mumpuni dibanding yang lain. Namun, tenang saja karena penggunaan aplikasi Blue Stacks juga masih gratis.

Kalau kamu merasa emulator Blue Stacks adalah yang paling tepat untuk digunakan karena pas dengan kebutuhanmu.

Nama Blue Stacks
Ukuran465 MB
RequirementWindows 7
HargaGratis

Nox Player

Buat para gamers yang sedang mencari emulator android ringan terbaik untuk digunakan di PC atau laptopnya. Maka gunakanlah aplikasi Nox Player karena ini adalah emulator recommended yang mesti kamu coba.

Aplikasi ini bisa digunakan oleh mereka dengan minimul specs adalah windows 7 atau lebih tinggi lebih baik. Jika laptopmu sudah menggunakan CPU AMD ataupun intel yang dual core maka sudah aman kalau ingin mendownload alat Nox Player.

Nox Player juga termasuk emulator android dengan minimal RAM yang cukup ringan karena tidak sampai 2GB. Pengguna hanya perlu menyiapkan sisa RAM perangkat sebesar 1,5GB agar dapat menjalankan aplikasi emualtor ini di dalam laptopnya.

Kalau kamu hobi main games, tetapi belum mempunyai perangkat yang mumpuni maka tidak perlu khawatir. Aplikasi Nox Player akan membantumu supaya bisa tetap memainkan game yang diinginkan dengan lancar tanpa ada ngelag.

Ukuran file pertama kali download aplikasi pun masih tergolong kecil sehingga tidak akan memberatkan perangkat yang digunakan.

Nama Nox Player
Ukuran310 MB
RequirementWindows 7
HargaGratis

Geny Motion

Untuk para pengembang aplikasi yang ingin melakukan uji coba terhadap aplikasi buatannya sebelum diluncurkan ke Google Play Store. Jenis emulator android teringan yang wajib untuk dicoba adalah Geny Motion.

Seperti yang kami katakan sebelumnya bahwa salah satu fungsi dari penggunaan emulator adalah untuk menguji kinerja dari sebuah aplikasi, mulai dari grafis, perfomance, dan sebagainya. Nah, aplikasi Geny Motion ini cukup worth it untuk dimiliki oleh para pihak developer apps.

Meskipun kamu bukanlah seorang profesional developer dan sedang ingin mencoba membuat sebuah aplikasi. Kalian tetap bisa menggunakan Geny Motion karena ini merupakan emulator paling ringan dari segi penggunaannya.

Kelebihan yang dimiliki oleh Geny Motion adalah emulator tersebut mempunyai alat versi cloud atau penyimpanan awan. Dengan kata lain, penggunaan alat tersebut dapat dijalankan secara maksimal tanpa perlu mengunduh versi aplikasinya. Bagaimana? Kedengarannya sangat menarik kan?

Namun, ada satu kekurangan dari Geny Motion yang mungkin menjadi keluhan para penggunanya. Emulator ini tidak bisa digunakan secara gratis alias pengguna perlu membayar sejumlah uang agar dapat memakai alat tersebut.

Sehingga akan ada banyak pertimbangan yang perlu dipikirkan sebelum menggunakan aplikasi tersebut. Walaupun begitu, itu bukanlah masalah besar kalau memang kamu sudah siap modal dan penggunaan emulator Geny Motion ini juga sangatlah layak.

Nama Geny Motion
Ukuran117 MB
RequirementWindows 7
HargaGratis

Leapdroid

Banyak yang mengatakan bahwa Leapdroid merupakan alat emulator teringan untuk Android yang dibuat oleh pihak pengembang. Bahkan, emulator Leapdroid dapat digunakan di perangkat notebook tanpa mengganggu kinerja dari sistem asli perangkat tersebut.

Jika ingin menggunakan alat ini, maka spesifikasi minimal yang dibutuhkan oleh pengguna adalah perangkat dengan Windows 7. Semua pasti tahu bahwa jenis windows tersebut sudah paling lama di antara windows yang ada sekarang.

Untuk minimal CPU perangkat adalah intel ataupun AMD dual core sudah bisa memasang aplikasi emulator yang satu ini. Bila kamu ingin memasang alat Leapdroid di dalam perangkat laptop, maka pastikan bahwa spesifikasi RAM yang tersedia di perangkat adalah sekitar 2GB atau lebih.

Sangat penting bagi pengguna untuk memahami syarat minimal perangkat yang dapat memakai emulator Leapdroid supaya tidak terjadi kegagalan saat melakukan pemasangan. Emulator yang satu ini masuk ke dalam kategori emulator android teringan paling bagus yang wajib untuk pembaca coba segera.

Selagi perangkatmu telah memenuhi requirement yang kami sebutkan di atas, maka jangan ragu untuk download aplikasinya segera.

Nama Leapdroid
Ukuran271 MB
RequirementWindows 7
HargaGratis

Itu lah rekomendasi emulator android teringan yang bisa kamu coba di PC atau laptop masing-masing.

Tips Penggunaan Emulator Android Ringan Untuk Beginner

tips-penggunaan-emulator-android-ringan-untuk-beginner

Disini kami juga akan memberikan tips penggunaan emulator android khususnya untuk para pemula. Tips pertama yang tidak boleh kamu lupakan adalah pilih alat emulator yang sesuai dengan spesifikasi dari PC ataupun laptop.

Sebelumnya identifikasi dulu kira-kira alat emulator ini mau digunakan untuk menjalankan aplikasi android atau menguji coba sebuah aplikasi. Kedua kebutuhan tersebut tentu saja berbeda dan tidak bisa kamu samakan jenis emulatornya.

Kalau hanya ingin memainkan game android saja, maka pilih emulator android ringan gratis pun tidak masalah. Namun, kamu akan membutuhkan alat lebih tinggi jika ingin mengecek kinerja dari aplikasi android.

Jangan lupa juga untuk mendownload serta memasang Android Studio sebelum kamu menjalankan aplikasi emulator yang ingin digunakan. Jika sudah ada Android Studio, barulah pengguna dapat menjalankan aplikasi pada AVD yang telah dibuat sebelumnya.

Artikel Lainnya :